Sunday, June 17, 2012

DRESTADYUMNA, KSATRIA YANG LAHIR DARI API UPACARA YADNYA

DAFTAR ISI :

1) Mengenal Drestadyumna
2) Orang Tua
Drestadyumna
3) Saudara
Drestadyumna
4) Guru
Drestadyumna
5) Mertua
Drestadyumna
6) Istri
Drestadyumna 
7) Anak Drestadyumna  
9) Riwayat Hidup
Drestadyumna

MENGENAL DRESTADYUMNA
 Pangeran Drestadyumna

ORANG TUA DRESTADYUMNA

                          Raja Drupada (Ayah)                                    Ratu Gandawati (ibu)

SAUDARA DRESTADYUMNA

                               Putri Drupadi (Adik)                                     Putri Srikandi (Adik)

GURU DRESTADYUMNA

                                   Resi Upayodya                                                    Resi Drona 

MERTUA DRESTADYUMNA

                             Raja Hiranyawarma, Kerajaan Dasarna (Suwarni)

ISTRI DRESTADYUMNA
Putri suwarni

ANAK DRESTADYUMNA
               Drestaka (Drestadyumna + Suwarni)            Drestara (Drestadyumna + Suwarni)

RIWAYAT HIDUP DRESTADYUMNA
Drestadyumna (Sanskerta: धृष्टद्युम्न, dhrishtadyumna) adalah seorang tokoh dari wiracarita Mahabharata. Dia merupakan kakak bagi Dropadi dan Srikandi, keturunan Raja Drupada yang berasal dari Kerajaan Panchala. Ia berada di pihak Pandawa saat perang di Kurukshetra. Dialah yang membunuh Resi Drona. Saat Sang Resi tertunduk lemas dan kehilangan seluruh daya kekuataanya, sebagai akibat dari kabar bohong tentang meninggalnya sang putera Aswatama, Drestadyumena maju dan memenggal leher Sang Resi.

Arti nama

Dalam bahasa Sanskerta, nama Dhristadyumna secara harfiah berarti "diagungkan karena keberaniannya".

Kelahiran

Saat Drona berhasil merebut separuh Kerajaan Panchala dari tangan Drupada, kebencian Drona terhadap Drupada lenyap, namun sebaliknya Drupada membenci Drona untuk selama-lamanya dan berambisi untuk membalas dendam. Ia tahu bahwa Drona sulit dikalahkan sebab Drona merupakan murid Bhargawa dan memiliki senjata ilahi. Akhirnya Drupada memutuskan untuk menyelenggarakan upacara yadnya yang disebut Putrakama supaya memperoleh putera yang bisa membunuh Drona. Dengan dibantu oleh para resi, upacara tersebut terselenggara dengan baik. Dari dalam api upacara, munculah seorang pemuda gagah, lengkap degan baju zirah dan senjata. Atas sabda dari langit, anak tersebut diberi nama Drestadyumna.

Kematian

Setelah perang besar berakhir, putera dari Resi Drona, yaitu Aswatama, bersama dengan Krepa dan Kertawarma, melakukan pembalasan dendam dengan membantai hampir semua putera-puteri, cucu, dan kerabat Pandawa, termasuk yang menjadi korban adalah Drestadyumena sendiri, Srikandi, dan Pancawala. Pembantaian tersebut dilakukan pada malam hari, ketika pasukan Pandawa sedang tertidur lelap. Kisah tersebut terdapat dalam kitab Sauptikaparwa.

Drestadyumna dalam pewayangan Jawa

Dalam pewayangan Jawa, Drestadyumena atau Trustajumena adalah putra bungsu Prabu Drupada, raja negara Panchala dengan permaisuri Dewi Gandawati, putri Prabu Gandabayu dengan Dewi Gandini. Ia mempunyai kakak kandung dua orang masing-masing bernama Dewi Drupadi, istri Prabu Yudistira, Raja Amarta (Indraprastha), dan Dewi Srikandi, istri Arjuna.
Konon Arya Drestadyumna lahir dari tungku pedupaan hasil pemujaan Prabu Drupada kepada Dewata yang menginginkan seorang putera lelaki yang dapat membinasakan Resi Drona yang telah mengalahkan dan menghinanya. Drestadyumna berwajah tampan, memiliki sifat pemberani, cerdik, tangkas dan trenginas. Ia menikah dengan Dewi Suwarni, putri Prabu Hiranyawarma, raja negara Dasarna. Dari perkawinan tersebut ia memperoleh dua orang putra lelaki bernama Drestaka dan Drestara.
Drestadyumna ikut terjun dalam kancah perang Bharatayuddha. Ia tampil sebagai senapati perang Pandawa, menghadapi senapati perang Korawa, yaitu Resi Drona. Pada saat itu roh Ekalaya, raja negara Paranggelung yang ingin menuntut balas pada Resi Drona menyusup dalam diri Drestadyumna. Setelah melalui pertempuran sengit, akhirnya Resi Drona dapat dibinasakan oleh Drestadyumna dengan dipenggal lehernya.
Drestadyumna mati setelah berakhirnya perang Bharatayudha. Ia tewas dibunuh Aswatama, putera Resi Drona, yang berhasil menyusup masuk istana Hastina dalam usahanya menuntut balas atas kematian ayahnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : DRESTADYUMNA, KSATRIA YANG LAHIR DARI API UPACARA YADNYA