Selasa, 07 Agustus 2012

35 FAKTA SATRIA KARNA KAKAK DARI 5 PANDAWA

1. Karna adalah putra sulung dari kunti dengan Dewa surya

2. Karna memuliki 3 orang adik lain ayah yang bernama Yudistira, Bima dan Arjuna yang berayahkan Raja Pandu dari Hastinapura

3. Di india Karna tidak lahir dari kandungan kunti tapi langsung tercipta di luar rahim atas kehendak dewa surya. Karna tercipta dengan memakai pakaian dalam yang kebal senjata, memakai anting dan membawa berbagai senjata sakti.
Di jawa karna dilahirkan dalam proses rahim kunti atas kehendak dewa surya, dikarenakan untuk mnjaga kesucian dan keperawanan kunti karna di keluarkan lewat telinga kunti atas kehendak dewa surya

4. Suryawati bukanlah adik angkat karna, yang menurut jawa adalah anak kandung dari adirata dan radha. Dalam india tokoh suryawati sebagai adik perempuan karna inti tidak pernah ada.

5. Karna adlah saudara seperguruan dari bhisma dan resi drona yang sama2 berguru pada parasurama.

6. Pemanah terbaik di india masa mahabarata ada 7 orang. parasurama, bhisma, resi drona, karna, arjuna dan aswatama.

7. Ketika wisuda murid2 resi drona di hastinapura karna di permalukan oleh bima dan arjuna mengenai statusnya yang tidak jelas, duryudana membelanya dan karna di angkat menjadi raja di kerajaan angga oleh duryudana.

8. Di india karna dan duryudana adalah sahabat karib yang kental.
Di jawa karna dan duryudana adlah seperti bawahan yang mengabdi secara tulus kepada atasannya.

9. Di india arjuna hanya pandai menguasai panah dan pedang, sedangkan karna menguasai segala jenis senjata termasuk gada yang dapat menyaingi bima dan duryudana.

10. Yang mendapatkan drupadi dalam sayembara sebenarnya adalah karna bukan arjuna. Tapi karena isarat kresna pada drupadi untuk menolak karna akhirnya sayembara di teruskan sampai akhirnya arjuna yang menyamar sebagai pendeta bisa mendapatkan giliran bertanding dan kemudian memenangkannya.

11. Kresna adlah orang Yang pertamakali memberitahukan orang tua karna yang asli dan pandawa adalah adik2nya.
Di jawa yang memberitahukan adalah dewa narada

12. Ketika ibunya meminta karna bersatu dengan adik2nya pandawa. Karna berkata “ibu anak mu akan tetap 5, tapi aku atau arjuna yang akan mati, jika aq mati anakmu tetap 5, dan jika arjuna mati anak mu juga akan tetap 5. Ibu dan aku berjanti tidak akan membunuh adik2 ku yang lain kecuali arjuna. Itu sudah menjadi sumpah ku pada duryudana untuk membunuh arjuna di medan perang nanti. Walu aku tau arjuna adalah adik kandungku.”

13. Ktika perang baratayuda di mulai kresna berkata pada karna “bagaimana jika perang tanding antara kamu dan adik mu arjuna terjadi?” maka karna berkata “biarkanlah yang maha kuasa melindungi arjuna”.

14. Guru karna yaitu parasurama Brahmana gagah berumur panjang tersebut memiliki pengalaman yang buruk dengan kaum ksatriya. Untuk itu, Karna harus menyamar sebagai brahmana muda agar bisa mendekatinya. Dengan cara tersebut Karna berhasil menjadi murid Parasurama

15. Parasurama mengutuk Karna. Kelak, pada saat pertarungan antara hidup dan mati melawan seorang musuh terhebat, Karna akan lupa terhadap semua ilmu yang telah ia ajarkan.

16. Kutukan kedua diperoleh Karna ketika ia mengendarai keretanya dan menabrak mati seekor sapi milik brahmana yang sedang menyeberang jalan. Sang brahmana pun muncul dan mengutuk Karna, kelak roda keretanya akan terbenam ke dalam lumpur ketika ia berperang melawan musuhnya yang paling hebat.

17. karna meminta ibunya kunti agar tidak memberitahukan jati dirinya pada saudaranya 5 pandawa.
Di jawa kunti malah mempertemukan arjuna dan karna serta menceritakan cerita sebenarnya tentang asal-usul karna.

18. Kunti menghanyutkan karna di sungai gangga dalam peti demi menjaga kehormatannya dari fitnah. Yang kemudian karna di temukan oleh seorang kusir kereta bernama adirata dan istrinya yang bernama radha. Karna di rawat dan di besarkan sampai dewasa.

19. Dalam india karna mengalahkan bangsa kamboja atas nama duryudana
20. Dalam india karna mengalahkan bangsa kirata dari pegunungan Himalaya atas nama duryudana
21. Dalam india karna mengalahkan Raja Giriwraja atas nama duryudana

22. Raja salya dari kerajaan madrah bukanlah mertua dari karna. Mertua dari karna di india tidak disebutkan namanya.
Dalam india raja salya menjadi kusir kereta karna ktika berperang melawan arjuna

23. Putri surtikanti putri dari raja salya bukanlah istri dari karna, istri karna di india tidak di sebutkan namanya.
Karnaputri bukanlah putri dari karna dalam versi india tidak memiliki putri melainkan putra yang bernama wresasena,
di jawa putra karna bernama Warsasena dan Warsakusuma

24. Karna pernah di tolak sebagi murid drona. Karena resi drona hanya mengajar untuk wangsa satria saja. Sedangkan karna dikenal sebagai sutaputra (anak kusir)

25. Karna sering mengintai Drona saat sedang mengajar murid-muridnya, terutama dalam hal ilmu memanah atau Danurweda. Meskipun berguru secara tidak resmi, kehebatan karna dalam memanah melebihi murid-murid resmi Drona, kecuali Arjuna.

26. Di india Karna dan arjuna sama sekali tidak mirip dalam rupa satu sama lain.
Di jawa karna dan arjuna di katakana mirip dalam rupa.

27. Di india karna dikenal sebagai ksatria yang dermawan sejak kecilnya walaupun di besarkan keluarga kusir yang serba kekurangan.

28. Ketika permainan dadu antara pandawa dan kurawa. Karna yang masih menyimpan sakit hati kepada Dropadi mengumumkan bahwa seorang wanita yang bersuami lima tidak pantas disebut sebagai istri, melainkan pelacur.

29. Di india tidak ada kisah perebutan senjata kunto antara arjuna dan karna, sehingga karna mendapatkan senjatannya dan arjuna mendapatkan penutup dari senjata kunto, yang penutup itu ia gunakan sebagai pemotong tali pusar keponakannya gatotkaca putra bima
Di india karna di beri senjata kunto oleh batara indra sebagai hadiah ketulusan karna yang memberikan baju dalamnya yang bersatu dengan kulitnya sejak lahir dan kebal senjata, serta memberikan anting2nya pada indra.
Dalam jawa Kunto yang diperoleh Karna bukan anugerah Batara Indra, melainkan dari Batara Guru.
Dalam jawa pusaka pemberian Indra bukan bernama Konta, melainkan bernama Badaltulak.

30. Pada hari ke 13 baratayuda karna mematahkan busur abimanyu putra arjuna dari belakang atas perintah resi drona, sehingga abimanyu mengalami kekalahan dan terbunuh.

31. Pada hari ke 13 baratayuda karna ikut serta membunuh abimanyu bersama duryudana, dursasana, sakuni, aswatama, kritawarma, durmasa, durjaya, chitraksa, jaya dan burisrawa

32. Karna bersumpah untuk tidak mengikuti perang baratayuda di kuru setra selama bhisma menjadi komandan tertinggi pasukan. Bhisma memimpin selama 10 hari dan karna ikut dalam perang pada hari ke 11 setelah memohon restu pada bhisma.

33. Karna membunuh gatotkaca dengan senjata kunto pada hari ke 14 baratayuda, dan Sesuai janji Indra, pusaka Konta pun musnah hanya dalam sekali penggunaan. Kresna selaku penasihat pihak Pandawa merasa senang karena dengan demikian, nyawa Arjuna bisa terselamatkan. Ia mengetahui kalau selama ini Karna mempersiapkan pusaka Konta untuk membunuh Arjuna.

34. Pada hari ke 17 perang baratayuda karna dikalahkan dan terbunuh oleh arjuna adiknya sendiri dengan panah Pasupati yang melesat memenggal kepala Karna.
Dalam jawa Surtikanti datang ke Kurusetra bersama Adirata. Melihat suaminya gugur, Surtikanti pun bunuh diri di hadapan Arjuna. Adirata sedih dan berteriak menantang Arjuna. Bimasena muncul menghardik ayah angkat Karna tersebut sehingga lari ketakutan. Namun malangnya, Adirata terjatuh dan meninggal seketika.

35. meskipun sewaktu di dunia Karna hidup bersama para Korawa, namun ketika berada di akhirat arwahnya berkumpul dengan para pandawa

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar