Thursday, May 31, 2012

SADEWA, KSATRIA PALING PANDAI DI INDIA

DAFTAR ISI :
1) Mengenal Sadewa
2) Orang Tua sadewa
3) saudara sadewa
4) Guru sadewa
5) Mertua sadewa
6) Istri sadewa
7) Anak sadewa
8) Besan sadewa
9) Menantu sadewa
10) Jalur Keturunan
11) Riwayat Hidup sadewa

MENGENAL SADEWA
                                             Sadewa Muda                                 Sadewa Satria

ORANG TUA SADEWA
                          Raja Pandu, Hastinapura (Ayah)                  Ratu Madrim (Ibu)
                                        Dewa Aswi, Pengobatan & Pengetahuan (Penitisan)

SAUDARA SADEWA
1) Raja Yudistira, Kerajaan Indraprasta (Raja Pandu-Ratu Kunti) = Dewa Yama, Darma,Hukum,Kematian
2) Bima (Raja Pandu+Ratu Kunti) = Dewa Bayu, Angin.
3) Arjuna (Raja Pandu+Ratu Kunti) = Dewa Indra, Raja Dewa, Hujan, Petir dan Surga
4) Nakula (Raja Pandu+Ratu Madrim) = Dewa Aswin, Pengobatan dan Pengetahuan

                  
                             Raja Yudistira (Kakak)                                         Bima (Kakak)

                          
                                 Arjuna (Kakak)                                                            Nakula (Kakak)

GURU SADEWA
                 
                               Resi Drona                                                               Resi Kripa
          
                              Semar / Batara Ismaya                                           Detya SapuLebu 
                                                Dewa Siwa / Batara Guru / Hyang Manik Maya

MERTUA SADEWA
1) Raja Drupada Kerajaan Pancala, Ayah dari Putri Drupadi 
2) Badawanganala Kerajaan Ekapratala, Ayah dari Dewi Srengganiwati
3) Raja Jarasanda Kerajaan Magadha, Ayah dari Putri Wijaya

                    Raja Drupada (Putri Drupadi)            Badawanganala (Dewi Srengganiwati)
 Raja Jarasanda (Putri Wijaya)
ISTRI SADEWA
1) Putri Dropadi (Putri Raja Drupada, Kerajaan Panchala)  
2) Putri Wijaya (puteri Raja Jarasanda, Kerajaan Magadha).
3) Dewi Srengginiwati (putri Begawan Badawanganala)  
4) Putri Rasawulan (putri Raja Rasadewa, kerajaan Selamiral)
5) Predapa (putri Resi Tambrapetra)
.
 
                            Drupadi (Istri Pertama)                     Srengganiwati (Istri ke3)
 Wijaya (Istri ke2)
ANAK SADEWA
1) Srutakirti (Putri Dropadi)
2) Suhotra. (Putri Wijaya)
3) Widapaksa. (Srengginiwati) 
4) Niken Sayekti (Predapa)  
5) Sabekti (Predapa)
6) Rayungwulan (Rasawulan)
 
                             Srutakirti (Drupadi)                      Widapaksa (Srengganawati)

BESAN SADEWA
Nakula (Pramusinta, Pramuwati, Satanika) 
MENANTU SADEWA
              
                              Pramuwati (Subekti)                          Pramusinta (Niken Suyekti) 
 
Satanika (Rayungwulan) 
 
JALUR KETURUNAN
RIWAYAT HIDUP SADEWA
Sahadewa (ejaan Sansekerta: sahadéva), atau yang biasa disingkat Sadewa, adalah salah satu tokoh utama dalam wiracarita Mahabharata. Ia merupakan anggota Pandawa yang paling muda, yang memiliki saudara kembar bernama Nakula.
Meskipun kembar, Nakula dikisahkan memiliki wajah yang lebih tampan daripada Sadewa, sedangkan Sadewa lebih pandai daripada kakaknya itu. Terutama dalam hal perbintangan atau astronomi, kepandaian Sadewa jauh di atas murid-murid Resi Drona lainnya. Selain itu ia juga pandai dalam hal ilmu peternakan sapi. Maka ketika para Pandawa menjalani hukuman menyamar selama setahun di Kerajaan Matsya akibat kalah bermain dadu melawan Korawa, Sadewa pun memilih peran sebagai seorang gembala sapi bernama Tantripala.

Asal-Usul

Sadewa merupakan yang termuda di antara para Pandawa, yaitu sebutan untuk kelima putra Pandu, raja Kerajaan Hastinapura. Sadewa dan saudara kembarnya, Nakula, lahir dari rahim putri Kerajaan Madra yang bernama Madri (dalam pewayangan disebut Madrim). Sementara itu ketiga kakak mereka, yaitu Yudistira, Bimasena, dan Arjuna lahir dari rahim Kunti. Meskipun demikian, Sadewa dikisahkan sebagai putra yang paling disayangi Kunti.
Nakula dan Sadewa lahir sebagai anugerah dewa kembar bernama Aswin untuk Madri, karena Pandu saat itu sedang menjalani kutukan tidak bisa bersetubuh dengan istrinya. Keduanya lahir di tengah hutan ketika Pandu sedang menjalani kehidupan sebagai pertapa.

Kepribadian

Meskipun Sadewa merupakan Pandawa yang paling muda, namun ia dianggap sebagai yang terbijak di antara mereka. Yudistira bahkan pernah berkata bahwa Sadewa lebih bijak daripada Brihaspati, guru para dewa.
Sadewa merupakan ahli perbintangan yang ulung dan mampu mengetahui kejadian yang akan datang. Namun ia pernah dikutuk apabila sampai membeberkan rahasia takdir, maka kepalanya akan terbelah menjadi dua. Sadewa tidak akan dapat lupa tentang segala hal yang diketahui karena ia mepunyai pemberian Ditya Jagatleger.

Senjata Dan Kelebihan 

Sadewa Memiliki Aji Pranawajati yang membuat sadewa dapat sangat mudah menyerap ilmu apapun  dengan panca indranya; ahli perbintangan yang ulung dan mampu mengetahui kejadian yang akan datang, dan ahli Metafisika. Sadewa juga pandai dalam memainkan Pedang, Panah dan Lembing.

Keluarga

Setelah kemenangan Arjuna atas sayembara memanah di Kerajaan Pancala, maka semua Pandawa bersama-sama menikah dengan Dropadi, putri negeri tersebut. Dari perkawinan tersebut Sadewa memiliki putra bernama Srutakirti.
selain itu, Sadewa juga menikahi puteri Jarasanda, raja Kerajaan Magadha. Kemudian dari istrinya yang bernama Wijaya, lahir seorang putra bernama Suhotra.
Sadewa menikah dengan Dewi Srengginiwati putri Begawan Badawanganala dan berputra Widapaksa. Selain itu Ia juga menikah dengan Dewi Rasawulan, putri dari Prabu Rasadewa dari kerajaan Selamiral. Menurut kabar, yang sanggup memperistri Dewi Rasawulan akan unggul dalam Baratayuda Di saat yang sama Arjuna kakak Sadewa dan Dursasana juga datang melamar, namun yang memenangkan sayembara pilih itu hanyalah Sadewa karena ia sanggup menjabarkan apa arti cinta sebenarnya.

Membunuh Sangkuni

Sangkuni adalah paman para Korawa dari pihak ibu. Ia merupakan tokoh licik yang menciptakan permusuhan antara Pandawa dan Korawa, sehingga meletus perang saudara besar-besaran yang terkenal dengan sebutan Baratayuda.
Melalui permainan dadu, Sangkuni secara licik berhasil merebut Kerajaan Indraprastha dari tangan para Pandawa. Setelah itu Pandawa dan Dropadi dihukum menjalani pembuangan selama 12 tahun di hutan, serta setahun menyamar.
Dalam penyamaran di Kerajaan Matsya, Sadewa berperan sebagai seorang gembala sapi bernama Tantripala. Ia menyadari bahwa penderitaan para Pandawa adalah akibat ulah licik Sangkuni. Maka ia pun bersumpah akan membunuh orang itu apabila meletus perang saudara melawan Korawa.
Setelah masa hukuman berakhir, pihak Korawa menolak mengembalikan hak-hak Pandawa. Upaya perundingan pun mengalami kegagalan. Perang di Kurukshetra pun meletus. Meskipun jumlah kekuatan pihak Pandawa lebih sedikit, namun mereka memperoleh kemenangan.
Pada hari ke-18 Sangkuni bertempur melawan Sahadewa. Dengan mengandalkan ilmu sihirnya, Sangkuni menciptakan banjir besar melanda dataran Kurukshetra. Sadewa dengan susah payah akhirnya berhasil mangalahkan Sangkuni. Tokoh licik itu tewas terkena pedang Sadewa.

Sadewa dan Dewi Durga
Sebelum pecah Baratayuda, ada dua raksasa penjelmaan Citraganda dan Citrasena yang bernama Kalantaka dan Kalanjaya yang datang ke Astina hendak membantu kerajaan Astina. Kedua raksasa tersebut sebenarnya hanyalah jin biasa, namun karena dikutuk oleh Batara Guru akibat mengintip Batara Guru dan Dewi Uma yang sedang mandi di telaga. Kehadiran kedua raksasa tersebut tenyata menimbulkan kegusaran dalam diri Dewi Kunti. Dewi Kunti lalu memohon pada Batari Durga agar kedua raksasa tersebut dimusnahkan. Batari Durga meminta Sadewa sebagai tumbalnya. Mendengar hal itu, Dewi Kunti tidak setuju dan kemudian kembali ke Amarta. Batari Durga kemudian menyuruk Kalika, seorang jin anak buahnya untuk menyusup kedalam tubuh Dewi Kunti. Dalam keadaan kerasukan, Dewi Kunti menyuruh sadewa sebagai tumbal dan diminta menghadap Batari Durga. Sadewa pun hanya menurut perintah ibu tirinya yang telah mengasuhnya dari kecil.
Sesampainya di hutan, Batari Durga minta diruwat oleh Sadewa menjadi putri yang cantik. Sadewa tidak sanggup melakukannya dan lalu akan dimangsa oleh Batari Durga. Sang Hyang Narada yang mengetahui hal itu lalu melaporkannya pada Batara Guru. Batara Guru lalu merasuk kedalam tubuh Sadewa dan meruwat Batari Durga. Kemudian kedua raksasa jelmaan Citraganda dan Citrasena dimusnahkan. Cerita ini dikenal dengan lakon Sudamala.
Setelah perang baratayuda selesai, Sadewa memilih menjadi patih Hastina dan juga pendamping Puntadewa. Akhir hidupnya diceritakan mati moksa dengan saudara-saudaranya.

Tokoh Utama Sudamala

Sadewa merupakan tokoh utama dalam Kakawin Sudamala, yaitu karya sastra berbahasa Jawa Kuna peninggalan Kerajaan Majapahit. Naskah ini bercerita tentang kutukan yang menimpa istri Batara Guru bernama Umayi, akibat perbuatannya berselingkuh dengan Batara Brahma.
Umayi dikisahkan berubah menjadi Rakshasi bernama Ra Nini, dan hanya bisa kembali ke wujud asal apabila diruwat oleh bungsu Pandawa. Maka, Sadewa pun diculik dan dipaksa memimpin prosesi ruwatan. Setelah dirasuki Batara Guru, barulah Sadewa mampu menjalankan permintaan Ra Nini.

Versi Pewayangan Jawa

Dalam pewayangan Jawa, Sadewa dikisahkan lahir di dalam istana Kerajaan Hastina, bukan di dalam hutan. Kelahirannya bersamaan dengan peristiwa perang antara Pandu melawan Tremboko, raja raksasa dari Kerajaan Pringgadani. Dalam perang tersebut keduanya tewas. Madrim ibu Sadewa melakukan bela pati dengan cara terjun ke dalam api pancaka.
Versi lain menyebutkan, Sadewa sejak lahir sudah kehilangan ibunya, karena Madrim meninggal dunia setelah melahirkan dirinya dan Nakula.
Sewaktu kecil, Sadewa memiliki nama panggilan Tangsen. Setelah para Pandawa membangun Kerajaan Amarta, Sadewa mendapatkan Kasatrian Baweratalun sebagai tempat tinggalnya.
Istri Sadewa versi pewayangan hanya seorang, yaitu Predapa putri Resi Tambrapetra. Dari perkawinan itu lahir dua orang anak bernama Niken Sayekti dan Sabekti. Masing-masing menikah dengan anak-anak Nakula yang bernama Pramusinta dan Satanika.
Versi lain menyebutkan Sadewa memiliki anak perempuan dari Rasawulan bernama Rayungwulan, yang baru muncul jauh setelah perang Baratayuda berakhir, atau tepatnya pada saat Parikesit cucu Arjuna dilantik menjadi raja Kerajaan Hastina. Rayungwulan ini menikah dengan putra Nakula yang bernama Pramusinta

Tokoh Lain Bernama Sama

Dalam mitologi Hindu dan sejarah India, terdapat beberapa tokoh lain yang bernama Sahadewa, yaitu:
Dalam legenda Jawa juga terdapat seorang bernama Sadewa dari zaman yang lebih tua. Ia merupakan cucu dari Watugunung raja Kerajaan Gilingwesi. Sadewa yang ini menderita kelainan seksual, yaitu mencintai sesama laki-laki atau homoseksual. Ia akhirnya berhasil menjadi raja di Kerajaan Medangkamulan bergelar Cingkaradewa.
Cingkaradewa merupakan raja serakah yang ingin menguasai seluruh Pulau Jawa. Antara lain ia berhasil merebut Kerajaan Gilingwesi peninggalan kakeknya, yang saat itu dikuasai oleh Parikenan. Parikenan yang merupakan leluhur para Pandawa versi Jawa dikisahkan tewas di tangan Cingkaradewa.
Cingkaradewa sendiri akhirnya berhasil dikalahkan seorang pertapa dari India bernama Resi Wisaka, yang merupakan samaran dari Aji Saka, seorang manusia setengah dewa yang melegenda

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : SADEWA, KSATRIA PALING PANDAI DI INDIA