Tuesday, January 21, 2020

Wisanggeni Tokoh Asli Dalam Pujangga Jawa

Wisanggeni
Wisanggeni
Wisanggeni merupakan tokoh istimewa yang tidak ada dalam Mahabarata. Ia merupakan tokoh asli ciptaan pujangga Jawa.

Kisah kelahiran Wisanggeni diawali dengan kecemburuan Dewasrani, putra Batari Durga terhadap Arjuna yang menikahi Batari Dresanala. Dewasrani merengek kepada ibunya supaya memisahkan perkawinan mereka. Durga pun menghadap kepada suaminya, yaitu Batara Guru, raja para dewa.

Atas desakan Durga, Batara Guru memerintahkan Brahma menceraikan Arjuna dan Dresanala. Keputusan ini ditentang oleh Batara Narada selaku penasihat Batara Guru.

Brahma kembali ke kahyangan dan segera menyuruh Arjuna pulang ke dunia. Setelah Arjuna pergi, Brahma mengeluarkan janin yang dikandung Dresnala secara paksa.

Dresanala pun melahirkan sebelum waktunya. Durga dan Dewasrani datang menjemputnya, sementara Brahma membuang cucunya sendiri yang baru lahir itu ke dalam kawah Candradimuka, di Gunung Jamurdipa.

Narada diam-diam mengawasi semua kejadian tersebut. Ia pun membantu bayi Dresanala tersebut keluar dari kawah. Secara ajaib, bayi itu telah tumbuh menjadi seorang pemuda. Narada memberinya nama Wisanggeni, yang bermakna "racun api". Hal ini dikarenakan ia lahir akibat kemarahan Brahma, sang dewa penguasa api. Selain itu, api kawah Candradimuka bukannya membunuh justru menghidupkan Wisanggeni.

Atas petunjuk Narada, Wisanggeni pun membuat kekacauan di kahyangan. Tidak ada seorang pun yang mampu menangkap dan menaklukkannya, karena ia berada dalam perlindungan Sanghyang Wenang, leluhur Batara Guru. Batara Guru dan Batara Brama akhirnya bertobat dan mengaku salah.

Wisanggeni digambarkan sebagai pemuda yang terkesan angkuh. Namun hatinya baik dan suka menolong. Ia tidak tinggal di dunia bersama para Pandawa, melainkan berada di kahyangan Sanghyang Wenang, leluhur para dewa. Dalam hal berbicara, Wisanggeni tidak pernah menggunakan basa Krama kepada siapa pun, kecuali kepada Sanghyang Wenang. "karena setiap karya punya cerita" - Dramarupa


Sumber & Gambar : Ophand Albana & Dramarupa Studio

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Wisanggeni Tokoh Asli Dalam Pujangga Jawa